7 tips untuk istirahat santai dalam pekerjaan

Image Name

Hari kerja yang produktif juga termasuk relaksasi selama istirahat. Selama pandemi, makanan cepat saji di depan layar telah berlaku bagi banyak orang. Itu lebih baik, bukan?

Jika Anda duduk di depan layar sepanjang hari, Anda harus menggunakan istirahat untuk bergerak. Ini bisa berupa, misalnya, berjalan-jalan di udara segar. (Foto: dpa) (Foto: Klaus-Dietmar Gabbert/dpa-tmn)

Dortmund/Konstanz – Di antaranya, cukup matikan dan isi ulang baterai Anda. Dengan demikian, karyawan dapat bekerja jauh lebih efektif dan mudah. Tujuh tips untuk istirahat yang benar-benar santai.

Kiat 1: Benar-benar istirahat

“Pertama-tama, ada baiknya untuk beristirahat sama sekali,” kata Johannes Wendsche dari Federal Institute for Occupational Safety and Health (Baua). Cukup banyak karyawan yang begitu terserap oleh tugas-tugas mereka dalam kehidupan kerja sehari-hari sehingga mereka percaya bahwa mereka tidak punya waktu untuk itu.

Sikap yang salah, kata Fabian Krapf dari Institute for Occupational Health Consulting (IFBG) di Konstanz. “Istirahat berarti Anda kemudian dapat mengejar pekerjaan dengan akurasi yang lebih tinggi dan konsentrasi yang lebih baik,” katanya. Dan sebagai hasilnya, proses kerja bahkan lebih efektif setelahnya.

Tip 2: Rencanakan istirahat agar tidak terlupakan

Agar istirahat benar-benar membawa pemulihan, itu harus direncanakan dengan baik, menurut Johannes Wendsche. “Kelelahan yang dirasakan secara subjektif bukanlah indikator terbaik untuk mengganggu pekerjaan,” kata Wendsche. Dalam kasus kelelahan, kekuatan fisik atau mental telah berkurang, tetapi idealnya mereka sepenuhnya hadir sepanjang hari kerja. Oleh karena itu, menguntungkan untuk membuat daftar tugas di awal hari kerja dan menyediakan jendela waktu untuk istirahat.

Ngomong-ngomong, karyawan berhak atas istirahat. Hal ini tertuang dalam Undang-Undang Waktu Kerja. Jika Anda bekerja selama lebih dari enam jam, Anda dapat berhenti selama 30 menit, selama lebih dari sembilan jam ini adalah istirahat 45 menit. Istirahat dapat terfragmentasi, tetapi fase istirahat harus setidaknya 15 menit. Rehat kopi atau merokok di luar waktu istirahat reguler tidak dihitung dalam jam kerja.

Dalam kasus pekerjaan VDU, karyawan harus istirahat sejenak setelah sekitar satu jam. “Dalam kehidupan kerja sehari-hari, menjadi jelas bahwa karyawan tidak perlu mengerjakan ulang waktu yang mereka gunakan untuk istirahat sejenak,” kata Wendsche. Alasannya: Istirahat singkat membawa begitu banyak pemulihan sehingga karyawan kemudian bekerja lebih efektif dan dengan demikian mendapatkan waktu istirahat yang hilang lagi.

Kiat 3: Tinggalkan tempat kerja untuk makanan

Duduk di depan layar dengan cepat memakan sesuatu – dari sudut pandang Fabian Krapf, ini tidak benar-benar membawa energi. Dan tentu saja bukan relaksasi. “Lebih baik menggunakan kekuatan kontras dan secara sadar duduk di meja makan dari meja Anda.” Ini menawarkan kesempatan untuk secara mental beralih dari pekerjaan.

Ngomong-ngomong: Para peneliti Inggris sudah menemukan dalam sebuah penelitian pada tahun 2010 bahwa makan di depan layar tidak jenuh – lebih tepatnya, Anda merasa lapar sebagai hasilnya. Hal ini dapat mengakibatkan terus makan secara tidak terkendali, yang tidak sehat di penghujung hari.

Kiat 4: Lakukan sesuatu yang berlawanan dengan pekerjaan

Makan dan minum adalah bagian dari istirahat. Dan bagaimana cara mengisi bagian lainnya? “Adalah optimal untuk melakukan sesuatu yang berlawanan dengan pekerjaan,” jelas Johannes Wendsche. Jadi, jika Anda duduk di depan layar sepanjang hari, Anda sebaiknya bergerak. Ini bisa berupa, misalnya, berjalan-jalan di udara segar.

Namun, tidak ada obat paten untuk desain istirahat. “Beberapa menyukai latihan peregangan di tempat kerja, yang lain jogging satu putaran dan yang berikutnya lebih suka mendengarkan musik melalui smartphone untuk mencapai konsentrasi dan kinerja,” kata Fabian Krapf.

Tip 5: Istirahatlah sedikit tidur

Menurut Fabian Krapf, istirahat tidur kecil juga bisa “sangat memberi energi”. Beberapa perusahaan menyediakan kamar kecil sendiri kepada karyawan mereka. “Tapi istirahat tidur ini seharusnya tidak berlangsung lebih dari 15 menit.” Dia menyarankan karyawan untuk mengatur jam alarm.

Kiat 6: Gabungkan latihan mindfulness

Latihan mindfulness yang lebih kecil juga dapat diintegrasikan ke dalam istirahat. “Untuk melakukan ini, cukup secara sadar menghirup dan menghembuskan napas dan melacak napas dalam tubuh,” kata Fabian Krapf. Hanya dengan latihan seperti itu yang dapat Anda capai untuk mengurangi stres.

Kiat 7: Lakukan sesuatu yang mengisi

Apa yang dilakukan karyawan selama reses paling-paling harus diisi sepenuhnya sehingga mereka dapat mematikan dari pekerjaan. “Secara teoritis, ini juga bisa menggunakan istirahat makan siang untuk berbelanja atau untuk menjemput anak-anak dari taman kanak-kanak,” kata Johannes Wendsche.

Agar jeda seperti itu tidak merosot menjadi stres, tetapi membawa relaksasi dalam arti mematikan dari pekerjaan, Anda harus tepat waktu. “Siapa pun yang terlambat karena alasan apa pun tidak memiliki istirahat yang baik, tetapi tekanan yang benar-benar tidak sehat.”

© dpa-infokom, dpa:220613-99-648141/3

About penunggu

Image Name

Check Also

222 — Iklan dan toko kecil # Goglasi.com

Prodavnice (209) 70 000,00 – 99 999,00(119) 100 000,00 – 199 999,00(180) 200 000,00 – 299 999,00(168) 300 000,00 – 899 999,00(119) 900 000,00 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *